Home / Rubrik / Berita

Zakat dan Keberkahan Harta dalam Islam

gambar-headline
Indonesia Post Views: 217

Oleh : Boy Hardy Harjadinata

 

“Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.”

  1. Al-Baqarah Ayat 43

 

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang memiliki peran besar dalam kehidupan sosial dan ekonomi umat Islam. Zakat berfungsi sebagai alat redistribusi kekayaan dan membantu mengurangi ketimpangan ekonomi dalam masyarakat. Selain itu, zakat juga memiliki dampak spiritual yang mendalam, yakni membantu membersihkan harta dan jiwa.

Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an, Surah Al-Bayyinah Ayat 5:

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.”

Zakat berasal dari bahasa Arab yang berarti “menyucikan”. Dalam konteks agama Islam, zakat adalah praktik menyembah Allah SWT, di mana orang Islam memberikan sebagian dari harta mereka (2,5%) untuk disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan. Zakat adalah bentuk sedekah yang diperlakukan dalam Islam sebagai kewajiban.

Rasulullah SAW bersabda :

“Jagalah harta benda kalian dengan zakat, obatilah orang-orang sakit kalian dengan sedekah dan siapkan doa untuk musibah.”

(HR Thabrani, Abu Nuaim, dan Khatib).

Keberkahan harta dalam Islam bukan hanya tentang jumlah harta yang dimiliki, tetapi lebih pada bagaimana harta tersebut diperoleh dan digunakan. Harta yang diperoleh dengan cara yang halal dan digunakan untuk tujuan yang baik seperti membantu orang lain, beribadah kepada Allah, dan menunaikan zakat, dianggap sebagai harta yang berkah.

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang memiliki peran penting dalam kehidupan sosial dan ekonomi umat Islam. Melalui zakat, umat Islam diajarkan untuk berbagi kekayaan mereka dengan mereka yang membutuhkan, sehingga membantu mengurangi ketimpangan ekonomi dalam masyarakat. Selain itu, zakat juga membantu membersihkan harta dan jiwa. Oleh karena itu, penting bagi setiap Muslim untuk memahami dan melaksanakan kewajiban zakat ini.

Semoga kita semua dapat mengambil pelajaran dan semoga kita semua dapat menjadi lebih baik dalam melaksanakan kewajiban kita sebagai Muslim.


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

6 bulan yang lalu