Home / Rubrik / Berita

Relawan Rumah Yatim Jateng Lakukan Assesment dan Salurkan Bantuan di Lokasi Banjir Brebes

gambar-headline
Jawa Tengah Post Views: 19

Rumah Yatim cabang Jawa Tengah, bergerak cepat memberikan bantuan pada korban banjir di Brebes tepatnya di Kelurahan Limbangan Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes pada Rabu (28/2) tadi.

 

Menurut penuturan Citra, salah satu relawan Rumah Yatim Jateng, Rumah Yatim memberikan bantuan kemanusiaan berupa 50 kilogram beras dan 4 dus mie instan. Bantuan diserahkan langsung kepada Rohman selaku ketua RT setempat untuk nantinya diolah di dapur umum dan dibagikan kepada warga terdampak.

"Ini adalah bantuan tahap awal dari Rumah Yatim, selain memberikan bantuan kami pun melakukan assessment untuk mendata kerusakan akibat banjir, korban, dan kebutuhan warga terdampak banjir," ujarnya.

 

Citra melanjutkan, banjir di Kabupaten Brebes telah merendam 6 kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Wanasari, Bantarkawung, Larangan, Jatibarang, Songgom, dan Brebes. Ada sekitar 7.000 rumah warga yang terdampak, sejumlah sekolah terendam, ratusan hektar sawah terendam dan sekitar 500 warga masih mengungsi. 

Untuk di kecamatan Brebes banjir merendam 4 Kelurahan seperti Kelurahan Limbangan Kulon, Limbangan Wetan, Brebes dan Kelurahan Gandasuli. Untuk lokasi terparah banjir di kecamatan Brebes yakni di Limbangan Kulon.

 

Adapun untuk kebutuhan mendesak warga terdampak banjir di Kelurahan Limbangan Kulon diantaranya obat-obatan, popok bayi sekali pakai, peralatan kebersihan.

"Banjir ini terjadi akibat intensitas hujan tinggi yang menyebabkan meluapnya Sungai Sigeleng, akibat limpasan Sungai Pemali. Banjir terjadi dari hari minggu malam lalu, sejak banjir terjadi sampai saat ini, ketinggiannya masih sama yakni selutut orang dewasa," tuturnya.

 

Citra berharap banjir ini segera surut agar masyarakat bisa kembali berakivitas seperti biasanya. "Semoga bantuan yang diberikan Rumah Yatim bisa memberikan banyak manfaat untuk para warga, semoga juga Rumah Yatim bisa kembali menyalurkan bantuan kepada warga tedampak banjir di Limbangan Kulon dan wilayah lainnya," tuturnya.

 

 

 


Author

img-author

Sinta Guslia

2 bulan yang lalu