Home / Rubrik / Berita

Bantuan Biaya Hidup untuk Nek Rokhilah, Lansia Sebatang Kara Penjual Sayur di Tegal

gambar-headline
Jawa Tengah Post Views: 7

Usia nek Rokhilah memang sudah tidak muda lagi yakni 75 tahun, namun diusia itu ia masih harus banting tulang untuk bertahan hidup. Di sebuah rumah sederhana di Desa Pasangan, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, ia tinggal seorang diri.

 

Meski tubuhnya sudah sangat lemah dan sering terbaring sakit karena faktor usia, nek Rokhilah tetap harus jualan demi sesuap nasi. Setiap pagi, nenek pergi ke pasar sejauh 7 KM untuk berjualan sayuran milik tetangganya. 

Penghasilan nenek dari seharian jualan sayuran sangatlah tidak menentu. Kadang 15 ribu kadang juga 10 ribu, biasanya uang tersebut nenek gunakan untuk membeli beras dan kebutuhan lainnya.

 

"Nenek jualan sayuran milik tetangga, jenis sayurannya tidak menentu. Kadang nangka muda, jantung pisang, daun melinjo, kangkung, jagung dan banyak lagi. Dari sebungkus sayur, nenek ngambil keuntungan 500 rupiah aja," ucap nek Rokhilah.

 

Meski mengambil keuntungan kecil, jualan nek Rokhilah jarang sekali laku banyak. Paling besar ia hanya mendapat keuntungan 15 ribu dan paling kecil tidak dapat keuntungan sama sekali. Jika hal tersebut terjadi, terpaksa nek Rokhilah tidak makan seharian dan hanya minum air putih untuk mengganjal perut kosongnya.

"Nenek sering ga makan, kalau makan pun paling sama nasi dicampur garam. Nenek jarang sekali makan dengan lauk seperti daging ayam dan lainnya," ungkapnya.

 

Diketahui, sudah lama suami nek Rokhilah meninggal dunia, sementara anaknya pergi merantau dan tak pernah memberikan kabar sampai saat ini.

 

Sebagai bentuk kepedulian dan perhatiannya, Rumah Yatim cabang Jawa Tengah memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai, sembako, bingkisan buah dan perlengkapan mandi mencuci untuk nek Rokhilah.

Semua bantuan ini berasal dari aksi penggalangan dana Rumah Yatim secara daring di platform donasionline.id .Diharapkan bantuan ini bisa memberikan kebahagiaan, meringankan beban, serta membantu memenuhi kebutuhan hidup nek Rokhilah.

 

"Alhamdulillah nek Rokhilah terlihat bahagia dan terharu ketika menerima bantuan ini. Mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat untuk nek Rokhilah, serta menjadi ladang pahala, kebaikan dan berkah untuk para donatur yang telah memberikan bantuan ini melalui perantara Rumah Yatim," tutupnya


Author

img-author

Sinta Guslia

1 minggu yang lalu