Home / Rubrik / Berita

Cegah Kebotakan Dengan Penuhi Vitamin Dan Nutrisi Dalam Makanan Anda

gambar-headline
Indonesia Post Views: 9

Masalah kebotakan rambut sering terjadi pada orang dewasa muda maupun lanjut usia. Namun banyak sekali ternyata makanan yang mampu mencegah kebotakan rambut di usia dini. 

 

Kebotakan rambut, disebut juga dengan istilah medisnya alopecia yang merupakan kondisi dimana rambut di kulit kepala atau bagian tubuh lainnya mengalami kehilangan ataupun penipisan. Hal itu dapat terjadi secara parsial maupun menyeluruh dan dapat bersifat sementara atau permanen. Kondisi itu juga bisa mempengaruhi untuk pria maupun wanita.

 

Namun jangan terlalu khawatir karena ada beberapa nutrisi yang penting demi menjaga kesehatan folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru seperti zinc, biotin, selenium dan vitamin C. 

 

Kita dapat mengkonsumsi makanan di bawah ini untuk mencegah kebotakan rambut yang bisa terjadi untuk siapa saja. 

 

1. Telur

Telur merupakan makanan yang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut sebab dalam telur memiliki sumber protein dan biotin yang sangat baik. Protein sangat dibutuhkan untuk membentuk kolagen dan keratin protein struktural pada rambut.

 

Sedangkan biotin sangat penting demi mencegah rambut rontok dan kekurangan nutrisi yang bisa berhubungan dengan penipisan rambut. 

 

Di dalam kuning telur juga memiliki kandungan vitamin D dan zat besi yang mampu mendorong sirkulasi yang baik, sekaligus memberikan nutrisi untuk pencegahan rambut rontok. Lalu telur juga merupakan sumber asam amino dan L-lisin, yang terbukti mampu mengurangi kerontokan rambut.

 

2. Kedelai

Kedelai, edamame, tempe, tahu dan minyak kedelai memiliki kandungan fitoestrogen genistein, yang menurut penelitian bisa meningkatkan resistensi terhadap alopecia secara signifikan. Kandungan nutrisi dalam kedelai terdapat sumber asam amino yang dibutuhkan guna membentuk sel-sel rambut baru.

 

3. Bayam

Bayam sangat padat akan nutrisi dan menawarkan banyak senyawa pendukung rambut seperti folat zat besi vitamin C, magnesium dan potasium. 

 

Dalam secangkir bayam memiliki kandungan lebih dari 50% RDI untuk vitamin A, yang membantu produksi sebum, kondisioner rambut alami sebagai pencegahan rambut kering, pecah-pecah, pecah, dan mati.

 

4. Ikan berlemak

Mackerel, salmon, herring, sarden, dan ikan berlemak lainnya memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang dibutuhkan dalam pembuatan dan pemeliharaan membran sel. 

 

Penelitian menemukan bahwa asam lemak esensial ini mampu mencegah kerontokan rambut.

 

Misalnya, asam arakidonat sudah terbukti merangsang pertumbuhan rambut dan proliferasi folikel rambut. Ikan berlemak juga mempunyai kandungan vitamin D yang berperan baik dalam siklus pertumbuhan rambut dan dapat merangsang pertumbuhan rambut serta mencegah rambut rontok. Kekurangan vitamin D dihubungkan dengan kondisi rambut rontok, atau alopecia.

 

Itulah beberapa makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mencegah kebotakan rambut. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 minggu yang lalu